Sabtu, 10 Maret 2012

Produksi Snak Gula Semut dengan Teknologi Modern

KULONPROGO- Pengolahan gula semut dengan mengaplikasikan teknologi modern mulai dilakukan masyarakat Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kulonprogo.

Teknologi modern untuk meningkatkan kapasitas, higienitas, dan kontinuitas produksi itu diterapkan di rumah produksi gula semut ’’Mbok Tani’’ di kompleks Rumah Pintar Desa Hargotirto. Rumah produksi itu  diresmikan Ketua II Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), oleh Ratna Djoko Suyanto, Sabtu (18/2).

Menurut Ratna, keberadaan rumah produksi tersebut diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk meningkatkan jumlah maupun kualitas produksi gula semut. Selain bantuan rumah produksi beserta peralatannya dari pemerintah pusat, SIKIB juga melakukan pendampingan pengembangan usaha produksi gula semut.

Di antaranya terkait pemasaran seperti dengan pendampingan dan pelatihan mengemas dengan baik dan menarik.
Dengan pengemasan yang lebih baik akan meningkatkan nilai jual gula semut produksi warga Hargotirto dan bisa dipasarkan di toko-toko serta super market. Selain pengemasan juga dilakukan pendampingan peningkatan kualitas produk.

’’Dengan kemasan yang lebih baik, sekarang pembelinya sudah cukup banyak. Sudah banyak juga kita salurkan ke Jakarta dan daerah-daerah lain. Kualitas dan pemasarannya lumayan,’’ katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar